Jumat, 26 September 2014

Macam Macan Seni Teater

Seni teater


1.Teater Daerah : yaitu teater rakyat dan hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai teater daerah masing-masing yang semua itu didasarkan kepada metode improvisatoris. Cerita ini tidak pernah tertulis, tetapi hidup dari mulut ke mulut masyarakat. Yang terpenting hanyalah jalan ceritanya. Misalnya : Lenong di Jakarta , Ketoprak di Jawa Tengah, Ludruk di Jatim, Arje di Bali, Makyong di Riau, Randai di Sumatera Barat, Longser di Bandung dan lain-lain.  2.Teater Tradisional : masih tergolong teater daerah juga tetapi karena bentuknya yang klasik dan pengaturanya  banyak menggunakan tarian - tarian, maka teater ini di bedakan dengan teater daerah. Adapun isi cerita yang dihidangkan mengambil dari cerita Ramayana dan Mahabrata. Susunan cerita dan pementasanya banyak digunakan benda - benda simbolik dan dilakukan dengan improvisatoris.
3.Teater Komedi :teater ini disebut juga teater Dardanella, yaitu teater rakyat yang banyak dipengaruhi teater barat. Merupakan transisi ke arah modern. Di dalamnya terdapat unsur - unsur tari, drama, musik, nyanyi dan lawak. Naskahnya kadang - kadang sudah mulai ditulis. Teater ini terkenal dengan sebutan Sandiwara.
4.Teater Modern: yaitu teater yang dalam bentuk penyajianya didasarkan pada naskah yang tertulis dari suatu karya seni dan terikat oleh hukum dan pengertian Dramuturgi modern. Yang dipentingkan dalam teater ini adalah bagaimana mengetengahkan masalah kehidupan. Tokoh – tokoh dalam lakonnya merupakan perwatakan.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit